February 23, 2021

UNNES Terbaik Pertama Nilai Kinerja Anggaran Tahun 2020 Kategori PTN BH dan PTN BLU dari Kemendikbud

Hari ini, Selasa 23 Februari 2021 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan  Penganugerahan Penghargaan Implementasi SAKIP dan Nilai Kinerja Anggaran TA 2020.  UNNES memperoleh prestasi yang membanggakan dengan meraih terbaik pertama dengan nilai 98,84 predikat sangat baik pada katagori Nilai Kinerja Anggaran Tahun Anggaran 2020  Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum dan Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (BLU).

Prestasi ini membuktikan bahwa UNNES merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang Bereputasi dan memiliki sistem pengelolaan kerja yang transparan dan akuntabel.  Penghargaan ini patut menjadi pijakan agar UNNES bisa terus melakukan lompatan prestasi dan inovasi.

Kinerja Anggaran adalah capaian kinerja atas penggunaan anggaran yang tertuang dalam dokumen anggaran Kementerian/Lembaga. Nilai kinerja anggaran adalah nilai tertimbang dari Evaluasi Kinerja Anggaran (EKA) dan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA). Pada PTN BLU Nilai Kinerja Anggaran atas Pelaksanaan RKA-K/L hanya didasarkan atas Nilai EKA saja. EKA adalah proses untuk melakukan pengukuran, penilaian, dan analisis atas Kinerja Anggaran tahun anggaran berjalan dan tahun anggaran sebelumnya untuk menyusun rekomendasi dalam rangka peningkatan Kinerja Anggaran. Nilai EKA diambil dari aplikasi SMART DJA berdasarkan isian capaian output dan indikator kinerja output pada aplikasi SIMPROKA Kemendikbud. Nilai EKA dihitung berdasarkan bebersapa aspek yaitu Capaian Keluaran, Penyerapan Anggaran, Efisiensi, Konsistensi Penyerapan Anggaran terhadap Perencanaan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A mengapresiasi kerja keras semua pihak untuk memastikan program berkualitas agar berjalan dengan baik serta menjaga dan mangalokasikan anggaran untuk mendukung kebijakan prioritas kemendikbud. Beliau juga meminta komitmen, bantuan dan kerjasama dari semua satuan kerja di lingkungan kemendikbud untuk terus meningkat kan kualitas proses pelaksanaan anggaran, pengukuran dan evaluasi kinerja anggaran guna memastikan capaian luaran, capaian manfaat dan tingkat efisiensinya.