Jumat, 15 September 2017 seluruh pimpinan unit di lingkungan Universitas Negeri Semarang mengikuti yang diselenggarakan oleh Bagian Perencanaan, Biro Perencanaan dan Keuangan UNNES.

Prof. YL. Sukestiyarno, Ph.D selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama menyampaikan, workshop ini diselenggarakan dalam rangka Penguatan Akuntabilitas Kinerja dan Revisi Renstra UNNES 2015-2019.

Makna dari Akuntabilitas Kinerja adalah “Setiap program dan kegiatan dari penyelenggara negara harus dapat dipertanggungjawabkan hasilnya

Dalam kesempatan ini pemateri yang hadir adalah Dr. Ir. Erry Ricardo Nurzal, M.T., M.PA selaku Kepala Biro Perencanaan dan Drs. Endang Wahyudi selaku Kepala Bagian Akuntabilitas dan Pelaporan Kemenristekdikti.

Pada tahun 2017 dalam rangka penguatan akuntabilitas kinerja tersebut Kemenristekdikti merencanakan agenda-agenda sebagai berikut: 1) menyusun laporan kinerja, 2) revisi renstra, dan 3) melakukan monev secara sistem dan tatap muka serta menetapkan peraturan perundangan.

Tujuan SAKIP adalah menyelaraskan proses perencanaan, pelaporan berorientasi pada hasil serta menyelaraskan dan pengintegrasian manajemen keuangan dan manajemen kinerja (penganggaran berbasis kinerja) sehingga mendorong pimpinan untuk melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala.

Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomer 51 Tahun 2016 tentang Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menjelaskan bahwa proses implementasi SAKIP adalah berawal dari penyusunan Renstra sebagai pedoman perencanaan program, pedoman monitoring dan evaluasi pelaksanaan program sampai dengan pelaporan pertanggungjawaban pelaksanaan program.

Berdasarkan peraturan tersebut, UNNES sebagai salah satu unit organisasi di lingkungan Kemenristekdikti harus juga mengimplementasikan proses SAKIP. Oleh karena itu pada tahun 2017 UNNES melakukan revisi terhadap dokumen Renstra Bisnis UNNES 2015-2019 untuk menyesuaikan indikator kinerja Kementerian. Senyampang dengan hal ini, seluruh unit kerja di lingkungan UNNES harus ikut menyesuaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>